Efisiensi dan kualitas pendidikan dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pendidikan. Untuk menyesuaikan diri dengan keadaan ini, para pendidik dapat meningkatkan kemahiran teknis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa tentang kimia hijau dipengaruhi oleh penggunaan materi pembelajaran Wordwall pada model pembelajaran kontekstual (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan Pra-Eksperimental desain Intact Group Comparison . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAIT Granada Samarinda. Sampel terdiri dari siswa kelas X-B1 dan kelas X-B2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (posttest) dan non-tes (observasi dan dokumentasi). Teknik analisis data meliputi tes perenang awal, dan hasilnya menunjukkan uji Mann-Whitney dengan nilai signifikansi 0,009. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran Wordwall.
Copyrights © 2025