Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Vol. 4 No. 2 (2023): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPS

Apriani, Lisa Nia (Unknown)
Hatami, Wisnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match dan picture and picture ini terhadap hasil belajar IPS di kelas VII MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian quasi eksperiment. Dengan jumlah responden 49 siswa yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eskperimen. Teknik pengumpulan yaitu dengan cara observasi, angket, soal pretest dan posttest serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, normalitas, homogenitas, dan uji independent sampel t-test dengan bantuan statistik SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon kelas eksperimen terhadap penerapan model make a match dan picture and picture sebesar 75,9 %. Skor tersebut tergolong pada kategori “Baik Sekali” yang berada di antara 75% - 100%. Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 62,8% termasuk kategori “Cukup Efektif”. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain score kelas kontrol yaitu sebesar 53,3% termasuk dalam kategori “Kurang Efektif”. Hasil uji independent sampel T-Tes diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,009 lebih kecil dari 0,05. Maka H0 ditolak Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran make a match dan picture and picture terhadap hasil belajar IPS di kelas VII MTs NU Astanajapura. Kata Kunci : model pembelajaran; hasil belajar; ilmu pengetahuan sosial

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

social-pedagogy

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian ...