Keterampilan berbicara adalah kompetensi esensial yang perlu dimiliki siswa, termasuk dalam pembelajaran bahasa daerah seperti bahasa Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil keterampilan berbicara bahasa Makassar melalui bermain drama siswa kelas Vlll MTs Muhammadiyah Ballo Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vlll MTs Muhammadiyah Ballo Kabupaten Takalar yang berjumlah 32 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampel total dengan sampel 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes pada sampel penelitian. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap : 1) membuat daftar skor mentah, 2) membuat distribusi frekuensi dan skor mentah, 3) menghitung skor keterampilan yang diperoleh Siswa, 4) Menghitung nilai rata-rata siswa, 5) Mengklasifikasikan siswa sesuai dengan acuan yang ditemukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 32 sampel ada 23 ( 72% ) siswa yang mendapatkan nilai 70-100, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 70-100 sebanyak 9 (28%). Dengan demikian disimpulkan bahwa Siswa kelas Vlll MTs Muhammadiyah Ballo Kabupaten Takalar dikategorikan terampil berbicara bahasa Makassar melalui bermain drama.
Copyrights © 2025