Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa melalui pengadaan Taman Literasi di MIS Muhammadiyah Parambambe, Kabupaten Takalar. Rendahnya minat baca dan keterbatasan sarana pendukung literasi menjadi dasar dilaksanakannya program ini. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan guru, siswa, dan pihak sekolah secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan, mulai dari observasi kebutuhan, perencanaan, pembangunan fasilitas, hingga pelaksanaan kegiatan literasi. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan terhadap minat dan kemampuan membaca siswa. Siswa menjadi lebih antusias dalam membaca karena tersedianya fasilitas yang nyaman, koleksi bacaan yang bervariasi, serta kegiatan literasi yang menarik seperti pojok baca, pendampingan membaca, dan lomba literasi. Program ini juga mendorong terbentuknya kebiasaan membaca mandiri dan budaya literasi di lingkungan madrasah. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan anggaran dan waktu pendampingan guru, solusi melalui donasi buku, partisipasi mahasiswa KKN, serta kegiatan interaktif terbukti efektif. Dengan demikian, Taman Literasi menjadi sarana strategis dan berkelanjutan dalam menumbuhkan budaya membaca di sekolah.
Copyrights © 2025