Model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) adalah pendekatan yang simple namun efektif, karena mampu mengembangkan keterampilan 4C serta mendukung proses pembentukan pengetahuan siswa. Akan tetapi, pada praktiknya, pembelajaran saat ini minim pemanfaatan media yang dapat mendukung keterlibatan siswa dalam proses belajar, sehingga partisipasi aktif mereka cenderung rendah. Oleh karena itu, media papan diagram (PADI) diharapka mampu membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi penyajian data. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Susukan sebanyak 34 siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian, simpulan data menyatakan bahwa pelaksanaan aktivitas pembelajaran dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran think pair share berbantu media PADI terdapat adanya peningkatan pada ketuntasan prestasi belajar pembelajaran matematika dengan penggunaan model TPS dari siklus I menuju siklus II. Presentase yang di capai pada siklus I sebelumnya tergolong masih rendah, yakni diperoleh pada siklus I sebelumnya masih rendah yaitu memperoleh 67,85% dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 96,96% dengan kriteria sangat baik dikarenakan pada proses pembelajaran menggunakan TPS ini peneliti lebih membimbing peserta didik pada proses pembelajaran dan penyampaian materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik, penelitian yang digunakan.
Copyrights © 2025