Education and Counseling Journal
Vol 6 No 1 (2026): Edisi September- Maret

PENGARUH AUDIO LINGUAL METHOD DAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 3 MI SUNAN AMPEL GENDOH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025

Ratna Dewi, Adik Agus Sri (Unknown)
Hariyanto, Hariyanto (Unknown)
Emyus, A.Zaky (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh yang signifikan Audio Lingual Method terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh; 2) adakah pengaruh Media Scrabble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh; 3) adakah pengaruh penggunaan Audio Lingual Method dan Media Scrabble secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis uji beda (uji t) dan linear berganda karena terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. uji beda (uji t) digunakan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Audio Lingual Method terhadap hasil belajar Bahasa Inggris dan pengaruh Media Scrabble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh. Sementara linier berganda digunakan untuk mengetahui interaksi Audio Lingual Method dan Media Scrabble secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pada hipotesis pertama, berdasarkan hasil analisis uji beda (uji t) (r) didapat uji beda (uji t) antara penggunaan Audio Lingual Method dengan hasil belajar Bahasa Inggris (r) adalah 0,610. hal ini menunjukkan bahwa terjadi pengaruh antara. sementara berdasarkan uji t hitung diperoleh sebesar 5,20251 yang lebih besar dari t table sebesar 2.05954. maka berdasarkan keputusan terdapat pengaruh yang signifikan Audio Lingual Method terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. hipotesis kedua, uji beda (uji t) antara Media Scrabble dengan hasil belajar Bahasa Inggris (r) adalah 0,576. hal ini menunjukkan bahwa terjadi pengaruh Media Scrabble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. berdasarkan interpretasi data menunjukkan bahwa pengaruh yang diperoleh yaitu 0.687 berada pada interval 0.60 – 0.799 dengan kriteria pengaruh yang kuat. berdasarkan uji t hitung diperoleh sebesar 4,72711 yang lebih besar dari t table sebesar 2.05954. maka berdasarkan keputusan terdapat pengaruh yang signifikan Media Scrabble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. hipotesis ketiga, terdapat pengaruh antara Audio Lingual Method dan Media Scrabble secara bersam-sama terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh. hal ini dibuktikan dengan hasil uji f diperoleh p value 0,001 < 0,05, sementara f hitung sebesar 7,562 dan lebih besar dari f table yaitu 3.39. berdasarkan pengambilan keputusan maka terdapat pengaruh Audio Lingual Method dan Media Scrabble secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Gendoh.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...