Industri percetakan digital dan clothing maker mengalami pertumbuhan pesat sebagai media ekspresi identitas dan promosi. PPCP Indoprint Surakarta, sebagai perusahaan professional clothing maker dengan 11 cabang nasional, menghadapi tantangan komunikasi yang berdampak pada kualitas pelayanan customer service. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh customer service dengan general manager dalam meningkatkan kualitas pelayanan di PPCP Indoprint Surakarta. Teori yg dipakai pada penelitian ini menggunakan pola komunikasi interpersonal Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dikakuan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menilai keabsahan data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPCP Indoprint Surakarta menerapkan tiga pola komunikasi interpersonal antara general manager dan customer service, yaitu pola linear, interaksional, dan transaksional. Penerapan pola tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan customer service dalam hal pelayanan kepada pelanggan, pemahaman produk, dan motivasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025