Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 10 (2025): OKTOBER 2025

Hubungan Penerapan Sistem Blok UNIMED terhadap Efektivitas Pembelajaran Statistik Pendidikan Mahasiswa

Muthia Rahma (Unknown)
Nayla Sufina Muslim Hutagalung (Unknown)
Syahrial Syahrial (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan sistem blok di Universitas Negeri Medan (UNIMED) dengan efektivitas pembelajaran Statistik Pendidikan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Sistem blok merupakan bentuk perkuliahan intensif yang memusatkan fokus mahasiswa pada satu mata kuliah dalam periode waktu tertentu. Pendekatan ini diharapkan mampu meningkatkan konsentrasi, pemahaman konsep, serta keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PGSD UNIMED yang mengikuti mata kuliah Statistik Pendidikan, dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang dipilih secara acak sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert 1–5. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha masing-masing 0,879 untuk variabel penerapan sistem blok dan 0,853 untuk variabel efektivitas pembelajaran. Data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi > 0,05. Uji korelasi menghasilkan nilai r = 0,682 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerapan sistem blok dan efektivitas pembelajaran Statistik Pendidikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik penerapan sistem blok, maka semakin tinggi pula efektivitas pembelajaran Statistik Pendidikan mahasiswa PGSD UNIMED. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa model perkuliahan sistem blok dapat dijadikan alternatif strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pendidikan tinggi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...