Jurnal Rekam Medic
Vol 4, No 1 (2021): Edisi Februari

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Bagian Pendaftaran RSU Mitra Medika Bandar Klippa

Saragih, Addini Hidayati (Unknown)
Muhammad, Iman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Pendahuluan :Pelayanan prima adalah salah satu usaha yang dilakukan perusahaan atau organisasi dalam rangka melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di bagian pendaftaran rawat jalan dari 15 responden , 10 orang mengatakan puas dan 5 orang mengatakan kurang puas terhadap pelayanan di bagian pendaftaran rawat jalan. Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di bagian pendaftaran Rumah Sakit Umum Mitra Medika Bandar Klippa Tahun 2020. Metode :Jenis penelitian ini adalah penelitiandeskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Lokasi Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Bandar Klippa.Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang mendaftar di pendaftaran rawat jalan RSU Mitra Medika Bandar Klippa dan sampel sebanyak 97 orang.Analisis data secara univariat, bivariat, multivariat.Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh tangible terhadap kepuasan pasien p=0,105 0,05, ada pengaruh assurance terhadap kepuasan pasien p=0,005 0,05,  reliability, responsiveness, empathy terhadap kepuasan pasien p=0,000 0,05. Kesimpulan :Tidak adanya pengaruh tangible terhadap kepuasan pasien, reliability, responsiveness, assurance, empathy berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Peneliti men menjaga kualitas pelayanan baik dari segi sarana dan prasarana terutama di bagian pendaftaran rawat jalan, terkait reliabilty, responsiveness, assurance dan empathy lebih ditingkatkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrm

Publisher

Subject

Astronomy Environmental Science Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

REKAM MEDIS ADMINISTRASI RUMAH SAKIT ADMINISTRASI KESEHATAN INFORMASI DAN TEKNOLOGI KESEHATAN AKREDITASI DAN MANAJEMEN RUMAH SAKIT ASURANSI KESEHATAN DAN RUMAH SAKIT PROMOSI DAN PENDIDIKAN KESEHATAN MUTU PELAYANAN ...