Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun media pembelajaran augmented reality pengenalan rumah adat tradisional Indonesia berbasis android. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research & Development) dengan model waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain sistem, pembuatan kode program, pengujian program, penerapan dan pemeliharaan program. Penelitian dilaksanakan pada SDN 32 Lagaligo Kota Palopo, dengan proses pembelajaran yang diterapkan yaitu menggunakan buku untuk menampilkan sebuah gambar bangunan, dan gambar yang ditampilkan berupa 2 dimensi dan hanya diperlihatkan dari satu sisi. Aplikasi media pembelajaraan ini dirancang menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan metode pengujian Blackbox. Aplikasi media pembelajaran ini dibuat menggunakan Unity 3D 2022. Dari pengujian ahli media pembelajaran yang dilakukan oleh validator memperoleh nilai rata-rata 3,8 yang dapat dikategorikan “Sangat Layak” dan nilai rata-rata dari ahli materi yaitu 3 yang dikategorikan “Layak”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media telah layak digunakan karena pengujiannya dapat direspon dan diterima oleh sistem.
Copyrights © 2024