Jurnal Informasi dan Teknologi (JITU)
Vol 1 No 1 (2024): JITU: Jurnal Informasi dan Teknologi Universitas Cokroaminoto Palopo

Rancang Bangun Media Pembelajaran Augmented Reality Pengenalan Rumah Adat Tradisional di Indonesia Berbasis Android

Moris, Kevin (Unknown)
Yasir, Fajar Novriansyah (Unknown)
Suhardi, Suhardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun media pembelajaran augmented reality pengenalan rumah adat tradisional Indonesia berbasis android. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research & Development) dengan model waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain sistem, pembuatan kode program, pengujian program, penerapan dan pemeliharaan program. Penelitian dilaksanakan pada SDN 32 Lagaligo Kota Palopo, dengan proses pembelajaran yang diterapkan yaitu menggunakan buku untuk menampilkan sebuah gambar bangunan, dan gambar yang ditampilkan berupa 2 dimensi dan hanya diperlihatkan dari satu sisi. Aplikasi media pembelajaraan ini dirancang menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan metode pengujian Blackbox. Aplikasi media pembelajaran ini dibuat menggunakan Unity 3D 2022. Dari pengujian ahli media pembelajaran yang dilakukan oleh validator memperoleh nilai rata-rata 3,8 yang dapat dikategorikan “Sangat Layak” dan nilai rata-rata dari ahli materi yaitu 3 yang dikategorikan “Layak”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media telah layak digunakan karena pengujiannya dapat direspon dan diterima oleh sistem.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informasi dan Teknologi (JITU) Universitas Cokroaminoto Palopo yang merupakan publikasi ilmiah yang memfokuskan pada pengembangan dan penerapan teknologi informasi yaitu Information Systems, Computer Engineering, Informatics Engineering. Jurnal ini diterbitkan 3 kali dalam 1 tahun yakni pada ...