Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dimensi gotong royong, bernalar kritis dan kreatifitas melalui inovasi Proyek Ecoprinting untuk siswa SMP Muhammadiyah 2 Tidore Kepulauan. Metode penelitian ini yaitu observasi partisipatif yaitu kegiatan observasi secara langsung dalam pelaksanaan proyek di kelas untuk mengamati interaksi, dinamika kelompok, serta penerapan tahapan proyek untuk melihat nilai-nilai Pancasila. Teknik pengumpulan data melalui 4 alur pelaksanaan projek yaitu: pengenalan, kontekstual, aksi nyata, refleksi dan tindak lanjut. Analisis data menggunakan deskriptif dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan sebelum dan sesudah diberikan proyek ecoprinting dengan nilai rata-rata 78.78 dengan kriteria cukup berkembang meningkat dengan nilai rata-rata 90.24 dengan kriteria berkembang sesuai harapan dengan melihat dimensi bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif, maka dapat disimpulkan bahwa dengan tahapan pengenalan, kontekstual, aksi nyata, refleksi dan tidak lanjut dapat menumbuhkembangkan profil pelajar pancasila pada dimensi gotong royong, kreatifitas dan bernalar kritis.
Copyrights © 2024