Pengimplemetasian kinerja usaha yang baik dan maksimal dapat memberikan berbagai benefit bagi usaha yang sedang dijalankan antara lain pencapaian keuntungan yang semakin meningkat, pertumbuhan bisnis yang signifikan, kepuasan pelanggan, efisiensi usaha, serta menjaga kelangsungan dan kesuksesan dari perusahaan itu sendiri. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar kinerja usaha terus meningkat ialah dengan melakukan inovasi produk serta memiliki orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan yang baik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Jember. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan tipe asosiatif kausal. Populasi yaitu seluruh UMKM sektor produksi yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember tahun 2022. Teknik pengambilan sampel ialah sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 94 responden. Kuesioner digunakan untuk pengumpulan data, selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur dengan software SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja UMKM secara langsung, selain itu orientasi kewirausahaan berpengaruh secara positif terhadap inovasi produk. Di sisi lain, orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM secara langsung maupun tidak langsung. Kesimpulan pada penelitian ini ialah pelaku UMKM harus senantiasa memperhatikan kondisi pasar atau target konsumen serta harus mampu menumbuhkan dan mengembangkan sikap orientasi kewirausahaan sehingga kinerja UMKM yang dihasilkan dapat lebih baik
Copyrights © 2024