Saat anak belajar, seringkali mereka mengalami kesulitan dalam menggunakan krayon, yang menghambat kemampuan mereka dalam mewarnai. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang memungkinkananak mengekspresikan bakat seni mereka dengan lebih luas. Salah satusolusinya adalah menggunakan finger painting sebagai media pembelajaran. Finger painting merupakan aktivitas melukis yang menggunakan jari tangan sebagai alatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting penerapan permainan finger painting dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini yang melibatkan penggunaan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi pustaka dan dokumentasi terhadap berbagai hasil penelitian empiris yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan finger painting memiliki kontribusi signifikan dalam mengembangkan aspek motorik halus anak, seperti kelenturan otot jari, koordinasi tangan dan mata, serta keterampilan menggenggam dan menekan media. Pembelajaran melalui kegiatan ini juga mendorong anak untuk mengeksplorasi kreativitas secara mandiri dan menyenangkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025