Joox merupakan salah satu layanan streaming musik yang popular di Indonesia, dengan penerapan metode design thinking dalam perancangan ulang aplikasi Joox. Dengan meningkatkan ekspektasi pengguna dan persaingan ketat, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi Joox. Metode design thinking yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Digunakan untuk memahami kebutuhan pengguna dan merancang solusi yang inovatif. Penelitian ini melibatkan 10 responden dengan menggunakan metode purposive sampling, yang terdiri dari pengguna aktif yang menggunakan aplikasi Joox pada rentang usia 18-25 tahun. Data dikumpulkan melalui wawancara dan survei, peneliti mengidentifikasi masalah yang dihadapi pengguna, seperti kombinasi warna dan tipografi yang tidak optimal, serta fitur-fitur yang membingungkan. Hasil pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukan bahwa design ulang aplikasi Joox mendapatkan skor rata-rata 93, yang termasuk dalam kategori “acceptable”. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan memperkuat posisi Joox sebagai aplikasi streaming musik terkemuka di Indonesia.
Copyrights © 2025