Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman sosial siswa kelas tiga SD PRIVATE HKBP 2 Sidorame Medan dalam konteks pembelajaran IPS. IPS merupakan mata pelajaran penting dalam pendidikan dasar yang mempersiapkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat dengan memahami nilai, norma, dan interaksi sosial. Data dikumpulkan melalui observasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep sosial dan perilaku sosial mereka di kelas menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki pemahaman yang baik tentang konsep sosial seperti kerja sama, rasa hormat, dan interaksi sosial. Namun, beberapa siswa masih menunjukkan keengganan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya, seringkali karena rasa malu dan kurang percaya diri. Hal ini juga terlihat pada sesi tanya jawab, di mana hanya sedikit siswa yang merespons dengan cepat, menunjukkan bahwa keterampilan sosial dan pengembangan kepercayaan diri memerlukan perhatian lebih lanjut. Kesimpulannya, meskipun siswa menunjukkan pemahaman kognitif yang memadai terhadap materi IPS, aspek afektif dan sosial perlu diperkuat untuk memastikan penerapan pengetahuan sosial yang efektif dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan dengan menyoroti pentingnya mengintegrasikan pengembangan keterampilan sosial ke dalam pengajaran ilmu sosial, sehingga tidak hanya menumbuhkan pengetahuan tetapi juga perilaku sosial yang positif dan pembentukan karakter pada siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025