Ad-DA’WAH: Dakwah dan Komunikasi Islam
Vol 23 No 2 (2025): Dakwah, Komunikasi dan Penyiaran Islam

Metode Dakwah di Era Modern Perspektif Hasbi Ash-Shidiqi

Roimun, Roimun (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode dakwah di era modern menurut perspektif Hasbi Ash-Shidiqi, dengan fokus pada bagaimana pendekatan dakwahnya relevan dan efektif menghadapi tantangan zaman kontemporer. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur terhadap karya-karya Hasbi Ash-Shidiqi serta kajian jurnal-jurnal terkait dakwah modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode dakwah Hasbi mengedepankan empat dimensi utama: rasionalitas, kontekstualitas, humanisme, dan pembaruan (tajdid). Keempat dimensi tersebut membentuk paradigma dakwah yang adaptif, inklusif, dan progresif sehingga mampu menjawab kompleksitas masyarakat modern dengan pendekatan yang logis, empatik, dan kontekstual. Metode ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan dakwah yang efektif dan relevan di era digital dan globalisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Ad-DAWAH

Publisher

Subject

Humanities

Description

Ad-DA’WAH adalah jurnal akses terbuka yang menerbitkan hasil penelitian berfokus pada dakwah dan ilmu-ilmu keislaman dengan lingkup mencakup: 1. Materi dakwah (māddah al-da’wah) yang meliputi bidang akidah, syariah (ibadah dan mu’amalah) dan Akhlak; dakwah dan politik, Pendidikan Islam, ...