Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video modelling dalam meningkatkan kemampuan kemandirian cuci tangan pada anak tunagrahita kelas I SD di SLB Negeri 1 Pembina Makassar. Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam keterampilan hidup sehari-hari, termasuk kebiasaan menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari lima siswa tunagrahita ringan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan cuci tangan mandiri. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan yang signifikan setelah pemberian perlakuan berupa media video modelling. Temuan ini menunjukkan bahwa media video modelling efektif dalam membantu meningkatkan kemandirian anak tunagrahita dalam melakukan kegiatan cuci tangan. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran keterampilan hidup untuk anak berkebutuhan khusus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024