Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan floor time berbasis buku dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode true experimental design, populasi dalam penelitian ini meliputi 54 lembaga di Kabupaten Pati. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 2 sekolah yaitu TK Pertiwi 03 Pati dan TK Pertiwi Pati. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik, yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t sampel berpasangan dengan menggunakan SPSS 26. Nilai rata – rata pretes kemampuan menyimak sebesar 13,35 dan masuk ke dalam kategori berkembang sesuai harapan. Nilai rata – rata postes kemampuan menyimak sebesar 24,45 dan masuk ke dalam kategori berkembang sangat baik. Pada uji perbedaan nilai post test dan pre test kemampuan menyimak, hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Nilai rata – rata pretes penguasaan kosakata sebesar 14,35 dan masuk ke dalam kategori berkembang sesuai harapan. Nilai rata – rata postes penguasaan kosakata sebesar 26,4 dan masuk ke dalam kategori berkembang sangat baik. Pada nilai post-test penguasaan kosakata, hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Pendekatan floor time berbasis buku terbukti dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Pati.
Copyrights © 2025