Pendidikan adalah faktor penting terhadap eksistensi sebuah peradaban. Melalui pendidikan yang benar, maka kemajuan suatu bangsa dapat tercapai. Pendidikan lslam selalu meramaikan isi alam ini dengan generasi-generasi terbaik, mengisi hidup secara sempurna dengan akhlak al-Quran, kejujuran, etika, budi pekerti, harga diri, keamanan, kepercayaan, kesungguhan, semangat kerja, keluhuran, dan kebajikan. Keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Keberhasilan menanamkan nilai-nilai rohaniah (keimanan dan ketakwaan pada Allah Swt.) dalam diri peserta didik, terkait dengan satu faktor dari sistem pendidikan, yaitu metode pendidikan yang dipergunakan pendidik dalam menyampaikan pesan-pesan ilahiyah, sebab dengan metode yang tepat, materi pelajaran akan dengan mudah dikuasai peserta didik. Dalam mendidik, Rasulullah Saw. menggunakan perumpamaan sebagai satu metode pembelajaran untuk memberikan pemahaman kepada sahabat, sehingga materi pelajaran dapat dicerna dengan baik. Metode ini dilakukan dengan cara menyerupakan sesuatu dengan sesuatu yang lain, mendekatkan sesuatu yang abstrak dengan yang lebih konkrit. Rasulullah juga mengajarkan dengan tindakan dan contoh amalan. Untuk menentang kebiasaan orang Arab yang membenci anak perempuan, Rasulullah Saw. menyelisihi kebiasaan mereka, bahkan dengan menggendong cucu perempuannya dalam shalat. Karena bagaimanapun, seorang pendidik besar di mata anak didiknya, berdasar apa yang dilihat dari gurunya akan ditirunya. Karena anak didik akan meniru dan meneladani apa yang dilihat dari gurunya, maka wajiblah guru memberikan teladan yang baik. Rasulullah sejak awal sudah mencontohkan dan melakukan metode pendidikan yang tepat kepada ummatnya. yang dilakukan sangat akurat dan tepat dalam menyampaikan ajaran Islam.Kata kunci: Pendidikan anak; metode pendidikan; PAUD
Copyrights © 2018