Jurnal Pendidikan Guru Profesional
Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V melalui Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Konkret

Niawati, Kris (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk untuk meningkatkan Hasil Belajar Peseta Didik Kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang pada Pelajaran IPAS melalui Metode Problem Based Learning berbantu media benda konkret. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) berbantu media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hal ini dilihat dari prosentase peningkatan hasil dari siklus I dan siklus II, dibuktikan dengan perolehan nilai pada pelaksanaan tindakan siklus I hanya mencapai 70 dalam kategori dibawah nilai rata-rata, kemudian pada pelaksanaan tindakan siklus II naik menjadi 90 dalam kategori diatas nilai rata-rata.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpgp

Publisher

Subject

Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang PPG. JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL mempublikasikan hasil penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif di bidang PPG. Jurnal ini mencakup semua ...