Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui proses pmbelajaran kemampuan bahasa anak usia dini pada masa school from home (SFH) di Desa Mattanete Bua Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan tiga orang tua, tiga peserta didik dan satu orang guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisi dengan cara mereduksi data, menyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kemampuan bahasa anak usia dini pada masa school from home (SFH) orang tua memberikan kesempatan kepada anak untuk menjawab, bertanya, menanggapi, mengutarakan pendapatnya serta alasan terhadap sesuatu yang diinginkan, mengenalkan konsep huruf, suara hewan, nama benda, menyediakan media dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak, membacakan dongeng, dan selama di rumah orang tua menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Adapun dilakukan guru dan orang tua dalam melaksanakan pembelajaran selama di rumah yaitu metode daring (metode dalam jaringan) tujuan dari metode ini adalah agar guru dapat memantau perkembangan anak di rumah dan memberikan tugas atau kegiatan melalui grup WA dan orang tua berperan aktif dalam membimbing, mengarahkan dalam mengajari anak.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran kemampuan bahasa pada anak usia dini guru dan orang tua bekerja sama dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan metode daring (metode dalam jaringan). Orang tua selaku pengganti guru di rumah memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran shool from home. Adanya kerja sama guru dan orang tua dapat memberikan peluang kepada anak agar kemampuan bahasa anak tetap berkembang selama di rumah.Kata kunci: Kemampuan Bahasa, School From Home (SFH), Anak Usia DiniÂ
Copyrights © 2020