Jurnal Cermatika
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Cermatika Vol 3 No 1 April 2023

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share DI MA YPKS

Harahap, Sakinah (Unknown)
Mohd.Arifin Lubis (Unknown)
Dewi, Nova Christina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkat hasil belajar di kelas X MA YPKS Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA YPKS Padangsidimpuan yang berjumlah 24 orang, yang dimana siswa perempuan berjumlah 15 orang dan laki laki berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di MA YPKS Padangsidimpuan kelas X tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar siswa adalah 60,41% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase hasil belajar siswa mencapai 68,12 %. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,71%. Dengan demikian Penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA YPKS Padangsidimpuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cermatika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JURNAL CERMATIKA Jurnal Cermatika adalah jurnal ilmiah dengan Nomor ISSN 2502-5139 (Media Cetak) dan ISSN 2776-6039 (Media Online) yang mempublikasikan artikel hasil penelitian, kajian pustaka, maupun pengembangan dalam bidang matematika dan pendidikan matematika. Jurnal ini terbit secara berkala ...