Transportasi memiliki peran yang penting dan strategis dalam pembangunan. Oleh karena itu, dalam perencanaan dan pengembangannya perlu ditata dalam satu kesatuan sistem yang terpadu. Terminal merupakan suatu sarana fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat berkaitan dengan transportasi darat. Berdasarkan PP 74 Tahun 2014 terminal merupakan pangkalan bermotor umum yang digunakan untuk mengatur kedatangan dan keberangkatan, menaikkan atau menurunkan orang atau barang, serta perpindahan moda angkutan. Terminal Batunadua merupakan terminal yang menghubungkan simpul-simpul transportasi sehingga berbagai infrastruktur, sarana dan prasarana bisa ditingkatkan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode data kuantitatif yaitu pengumpulan data dengan menggunakan survey kuesioner. Pengumpulan data dilakukan selama 14 hari pada waktu kerja. Metode pengolahan data menggunakan metode Important Performance Analysis (IPA) dan menganalisis pelayanan menggunakan metode Checklist. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisa yang dilakukan pada Terminal Maharaja Mulia Harahap, mendapat persentase tingkat kepuasan untuk pelayanan keselamatan sebesar 46,23%, persentase tingkat kepuasan untuk pelayanan keamanan sebesar 49,20%, persentase tingkat kepuasan untuk pelayanan kehandalan dan keteraturan sebesar 47,91%, persentase tingkat kepuasan untuk pelayanan kenyamanan sebesar 43,56% dan untuk persentase tingkat kepuasan untuk pelayanan kemudahan dan keterjangkauan adalah sebesar 51,52%.
Copyrights © 2022