Progressus Humanitatis
Vol 1 No 1 (2025): Progressus Humanitatis

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DOMINOS’S PIZZA CABANG PONDOK AREN TANGERANG SELATAN

muhkamah, agung (Unknown)
Ariyanto, Aris (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Dominos’s Pizza Cabang Pondok Aren Tangerang Selatan baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantiatif. Dengan populasi sebanyak 39.952 menggunakan rumus slovin dengan sampel penelitian adalah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi uji instrumen terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji Regresi linier berganda, koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis yang terdiri dari uji t secara parsial dan uji f secara simultan. Hasil penelitian bahwa kualitas produk memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung > t tabel atau (11,921 > 1,985) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka Ho1 ditolak dan H1 diterima. Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung > t tabel atau (12,639 > 1,985) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka Ho2 ditolak dan H2 diterima. Kualitas produk dan pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F hitung > F tabel atau (92,617 > 3,090) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka Ho3 ditolak dan H3 diterima. Kualitas pelayanan dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen berpengaruh Hasil nilai R-square (koefisien determinasi) sebesar 0,652 maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk dan pelayanan secara bersamasama memiliki kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen 65,5 %, sedangkan sisanya 34,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor atau variabel lain yang tidak diteliti.   Kata Kunci: Kualitas Produk, Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Progressus Humanitatis (PH) adalah jurnal ilmiah yang membahas secara detail berbagai penelitian empiris tentang topik-topik di bidang ekonomi, bisnis, manajemen, dan kewirausahaan. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan ...