Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIMI Banjarmasin). Variabel dependen (promosi dan kualitas pelayanan) sedangkan variabel independen (keputusan mahasiswa). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Manajemen STIMI Banjarmasin. Sampel penelitian di dapat dari menggunakan rumus slovin dan menghasilkan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan perhitungan statistik uji parsial (uji t-test) didapatkan bahwa promosi berpengaruh secara parsial sebesar 52,6%, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial sebesar 48,2%. Untuk mengetahui pengaruh simultan, digunakan uji F dan didapatkan bahwa Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan sebesar 61,2% terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIMI Banjarmasin.
Copyrights © 2025