Fenomena bahasa Indoglish juga banyak bermunculan pada media ruang publik di kota Pontianak. Banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut, satu di antaranya adalah ruang publik sebagai tempat yang sangat strategis guna mempromosikan produk. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan wujud bahasa Indoglish dalam media ruang publik di kota Pontianak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya lanskap linguistik, sosiolinguistik, dan iklan. Metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah papan nama dan spanduk iklan dalam media ruang publik di kota Pontianak. Data penelitian yakni teks yang terdapat pada papan nama dan spanduk iklan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wujud bahasa Indoglish dalam tataran kata, frasa, klausa, dan kalimat utuh bahasa asing dalam media ruang publik.Kata-kata kunci: lanskap linguistik, indoglish, ruang, publik, Pontianak
Copyrights © 2023