Salah satu cara penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah melalui integrasinya dengan pembelajaran intrakurikuler. Permasalahan ditemukan pada kurangnya variasi bahan ajar yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk dimensi berkebinekaan global, mandiri, dan kreatif dalam novel Burlian karya Tere Liye serta (2) memaparkan kelayakan novel Burlian karya Tere Liye sebagai alternatif bahan ajar penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data, digunakan teknik studi pustaka, baca, dan catat. Untuk analisis data, dilakukan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan didukung pembacaan secara heuristik serta hermeneutik. Berdasarkan hasil analisis bentuk dimensi berkebinekaan global, mandiri, dan kreatif dalam novel Burlian serta kesesuaian novel tersebut dari kriteria aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya, maka disimpulkan bahwa novel tersebut layak sebagai alternatif bahan ajar penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran sastra di SMP.
Copyrights © 2023