Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol. 10 No. 1 (2025): Benefit : Volume 10 Juni No 1 tahun 2025

Brand Love: Aplikasi Behavioral Reasoning Theory (BRT) pada Produk Halal

Mulyadi, Desviana Umi Sholikah (Unknown)
Kuswati, Rini (Unknown)
Isa, Muzakar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Data yang diambil dari The Royal Islamic Strategic Centre (RISSC) pada tahun 2022 Negara Indonesia menduduki peringkat pertama dengan populasi muslim terbanyak. Hal ini akan menjadi pendorong utama untuk mengkonsumsi produk halal. Namun menariknya produk halal bukan hanya digemari oleh penduduk muslim, hal ini terbukti dari data The State of Global Islamic Economy Report 2022 yang menyatakan bahwa negara yang menduduki angka teratas dalam hal ekspor produk halal didominasi oleh penduduk non-muslim. Fenomena ini menjadi bukti bahwa produk halal akan menjadi sebuah brand love dari konsumen. peneliti berusaha mengusulkan untuk menggunakan BRT sebagai model konseptual yang menjadi dasar teori penelitian. BRT merupakan sebuah teori yang biasa dirujuk dalam literatur perilaku konsumen untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat dan perilaku pengguna. Tujuannya untuk menganalisis brand love yang diaplikasikan dalam Behavioral Reasoning Theory (BRT) pada produk halal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk halal dengan sampel sebanyak 155 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM melalui software SmartPLS 3.0. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan evalusi pengukuran model secara outer model dan inner model. Hasil dari penelitian ini menyatakan (1) health consciusness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap reasons for consuming produk halal. (2) health consciusness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap evironmental concerns produk halal. (3) health consciusness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap attitude (4) health conciusness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (5) reasoning for consuming produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude. (6) reasoning for consuming produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (7) evironmental concerns memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap attitude. (8) evironmental concern memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (9) attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (10) health conciusness yang dimediasi oleh reason for consuming produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (11) health conciusness yang dimediasi oleh attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (12) health conciusness yang dimediasi oleh evironmental concern berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. Implikasi penelitian memberikan manfaat pengembangan pengetahuan, referensi, dan praktek bagi penelitian selanjutnya terhadap brand love dengan menggunakan aplikasi Behavioral Reasoning Theory (BRT). Batasan penelitian data yang terkumpul merupakan sebaran dari kuesioner google form yang memungkinkan dari masing-masing responden memiliki jawaban yang asal menjawab tanpa membaca pertanyaan sehingga memungkinkan data kurang tajam dalam mengidentifikasi responden disetiap pertanyaannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

benefit

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis presents empirical, theoretical and methodological articles in business and management realms, specifically in marketing, finance, organizational management, human resource management, operational management, and ...