Indonesian Journal of Innovation Science and Knowledge
Vol. 2 No. 4 (2025): IJISK 2025

Strategi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMA Al-Hidayah Medan: Indonesia

Ilmi, Nurul (Unknown)
Niwanda, Anisa (Unknown)
Restu, Restu (Unknown)
Kusuma, Eka Anja (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Al-Hidayah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan berbagai strategi seperti pelatihan rutin, pemberian penghargaan, evaluasi berkala, pemanfaatan teknologi, dan program mentoring bagi guru baru. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, keterampilan pedagogik, dan profesionalisme guru. Namun, tantangan tetap ada seperti rendahnya penguasaan teknologi di kalangan guru. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan berbasis digital dan peningkatan kolaborasi antar pendidik sebagai solusi jangka panjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijisk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Innovation Science and Knowledge adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ...