PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga
Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025

Meningkatkan Semangat Belajar Melalui Pemanasan Dinamis yang Efektif pada Siswa Sekolah Dasar

Akbar, Fahmi (Unknown)
Yamin, Muhammad (Unknown)
Rostati, Rostati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanasan dinamis terhadap semangat belajar siswa sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diberi perlakuan pemanasan dinamis dan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas 5 SDN 3 Nunggi, Kabupaten Bima. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebelum penerapan pemanasan dinamis, siswa cenderung merasa malas, mengantuk, dan tidak fokus, dengan daya serap materi yang rendah. Namun, setelah penerapan pemanasan dinamis, siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hal motivasi, fokus, dan keterlibatan dalam pembelajaran. Data angket respon siswa juga menunjukkan bahwa 80% siswa merasa pemanasan dinamis sangat bermanfaat, dan 100% siswa setuju untuk menerapkan metode ini pada mata pelajaran lain. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan konsentrasi, motivasi, dan mood siswa, serta mengurangi kecemasan. Pemanasan dinamis terbukti efektif dalam meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga dapat diterapkan sebagai bagian dari metode pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Pior

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...