Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Video Learning Multimedia (VLM) terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa di SD Negeri 24 Batutaku, Kabupaten Majene. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental satu kelompok pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 60 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen tes penguasaan kosakata yang diberikan sebelum dan setelah intervensi. Karena data tidak memenuhi asumsi normalitas, analisis statistik dilakukan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis VLM memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa. Dengan demikian, VLM dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk diaplikasikan pada jenjang sekolah dasar
Copyrights © 2025