Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan motivasi belajar siswa kelas III di UPT SPF SD INPRES Btn Ikip I. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif yang dikenal sebagai Penelitian Tindakan Kelas, yang dibagi menjadi dua siklus dengan empat tahap: (PTK), pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Melalui observasi, kuesioner, dan rekaman kegiatan pembelajaran, penelitian ini mengumpulkan studi ini dari para pendidik dan peserta didik.mengumpulkan data dari para pendidik dan peserta didik. Nilai rata-rata motivasi angket daftar pertanyaan yang diterima siswa berdasarkan hasil penelitian siklus I adalah 59,823 % yang termasuk dalam kategori sedang . Rata- rata  pada siswa kuesioner motivasi disiklus Siklus II sebesar 87,235 % termasuk dalam kelompok sangat tinggi .adalah 87,235%, termasuk dalam kelompok sangat tinggi . temuan studi penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model discovery learning berbantuan teknik ice breaking dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025