Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 3 (2025): November

Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Teknik Ice Breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III UPT SPF SD INPRES BTN IKIP I

Frisca, Ernos (Unknown)
Raihan, Siti (Unknown)
Munawarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan motivasi belajar siswa kelas III di UPT SPF SD INPRES Btn Ikip I. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif yang dikenal sebagai Penelitian Tindakan Kelas, yang dibagi menjadi dua siklus dengan empat tahap: (PTK), pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Melalui observasi, kuesioner, dan rekaman kegiatan pembelajaran, penelitian ini mengumpulkan studi ini dari para pendidik dan peserta didik.mengumpulkan data dari para pendidik dan peserta didik. Nilai rata-rata motivasi angket daftar pertanyaan yang diterima siswa berdasarkan hasil penelitian siklus I adalah 59,823 % yang termasuk dalam kategori sedang .​ Rata- rata  pada siswa kuesioner motivasi di​siklus Siklus II sebesar 87,235 % termasuk dalam kelompok sangat tinggi .adalah 87,235%, termasuk dalam kelompok sangat tinggi . temuan studi penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model discovery learning berbantuan teknik ice breaking dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...