Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 3 (2025): November

Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Kelompok dalam Meningkatkan Kerja Sama Peserta Didik di Kelas VI UPT SPF SDN Kompleks IKIP 1

Khirah Zaafirah, Alfiatun Nisaa' (Unknown)
Khairunnisa, Khairunnisa (Unknown)
M. Sawir (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Lembar Kerja Kelompok (LKK) dalam meningkatkan kerja sama peserta didik di kelas VI UPT SPF SDN Kompleks IKIP 1. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui angket, lembar observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKK mampu meningkatkan kerja sama peserta didik. Pada siklus pertama, rata-rata kerja sama peserta didik meningkat dari 60% (pretest) menjadi 72% (posttest). Pada siklus kedua, terjadi peningkatan lebih signifikan, dari 74% (pretest) menjadi 88% (posttest). Peningkatan ini disebabkan oleh perbaikan strategi, seperti pembagian peran yang jelas dan bimbingan intensif dari guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa LKK merupakan media pembelajaran yang efektif dalam menciptakan pembelajaran kolaboratif dan merekomendasikan penerapan serupa di konteks lain

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...