Guru mempunyai pengaruh luas dalam dunia pendidikan karena guru adalah pendidik yang bertanggung jawab agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik sehingga guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi profesional di samping kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksplanasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Tuban. Penelitian eksplanasi adalah penelitian untuk menguji hubungan variabel yang dihipotesiskan (Faisal, 2005:21). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mendapat mata pelajaran kewirausahaan yaitu kelas XI Program Study Tata Niaga di SMK Negeri 2 Tuban berjumlah 144 siswa. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari populasi siswa kelas XI Tata Niaga 1, XI Tata Niaga 2, XI Tata Niaga 3, dan XI Tata Niaga 4 SMK Negeri 2 Tuban tahun ajaran 2015-2016. Dari berbagai pengertian sampel yang telah dikemukan di atas, dapat disimpulkan bahwa sampel adalah wakil representan dari populasi yang mempunyai berbagai macam karakteristik yang berbeda. Untuk memperoleh data tentang kompetensi profesional guru dan motivasi belajar digunakan teknik angket dengan skala Likert. Sedangkan prestasi belajar siswa diperoleh dari dokumen sekolah yang berupa nilai ulangan tengah 1 tahun ajaran 2015-2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh secara simultan antara kompetensi profesional guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Tuban. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi berganda diperoleh dari nilai konstan sebesar 99,580 sedangkan nilai variabel kompetensi profesi guru sebesar 0,362 dan nilai variabel motivasi belajar sebesar 0,222 dalam fungsi asli regeresi secara keseluruhan, maka diperoleh persamaan Y= 99,580 + 0,362 X1 + 0,222 X2 Berdasarkan persamaan tersebut dapat diartikan dengan adanya peningkatan kompetensi profesional guru sebesar satu satuan, maka prestasi belajar siswa akan meningkat sebesar 0,362 dan motivasi belajar siswa meningkat sebesar satu satuan, maka hasil belajar siswa akan meningkat sebesar 0,222. Sedangkan konstanta 99,580 artinya jika kompetensi provesional guru (X1) dan motivasi belajar siswa (X2) nilainya 0 maka hasil belajar siswa (Y) nialinya adalah 99,580. Calon peneliti diharapkan dapat melanjutkan temuan yang lebih signifikan.
Copyrights © 2024