pembelajaran Bahasa Arab melalui media audio visual pada siswa SD di Sanggar Bimbingan At-Tanzil, Selangor, Malaysia. Latar belakang penelitian ini didasari oleh urgensi pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur'an dan kebutuhan akan pendekatan kreatif untuk meningkatkan minat serta pemahaman siswa SD terhadap Bahasa Arab. Media audio visual dipilih sebagai pendekatan inovatif untuk mengatasi tantangan pembelajaran tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi, yang berupaya memahami pengalaman hidup siswa dari perspektif mereka sendiri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual sangat membantu dalam proses pembelajaran Bahasa Arab, meningkatkan minat, antusiasme, dan pemahaman siswa, terutama dalam kemampuan berbicara dan mendengarkan. Siswa merasa pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah dipahami, dan interaktif, terutama melalui pemutaran video kisah nabi atau cerita Islami, serta kuis interaktif. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan, seperti koneksi internet yang tidak stabil, keterbatasan fasilitas kelas, dan ketidakmerataan akses perangkat digital di rumah, yang dapat menghambat efektivitas pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, disarankan untuk meningkatkan akses teknologi, menyediakan materi audio visual yang lebih bervariasi, dan mendorong kolaborasi dalam penyediaan sumber daya pendidikan. Secara keseluruhan, media audio visual terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan, meskipun perlu dukungan infrastruktur yang memadai untuk memastikan pemerataan kesempatan belajar bagi semua siswa.
Copyrights © 2025