J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 6, No 3 (2025): OKTOBER

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rizki, Muhamad (Unknown)
Eka Yanti, Rini Agustin (Unknown)
Patonah, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode (Unaida)pembelajaran yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi lebih tinggi dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...