Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru ideal pada Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK se-Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh guru pengajar Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK se-Provinsi Gorontalo yang berjumlah 20 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah sekolah yang memiliki Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK se-Provinsi Gorontalo, yaitu berjumlah 6 sekolah. Jumlah penyediaan guru yang mengajar di Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan berjumlah 20 guru, dengan jumlah kebutuhan guru ideal yang dibutuhkan di SMK yaitu berjumlah 28 guru, dari kebutuhan 28 orang guru tersebut pada Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan terdapat 13 orang guru yang sudah bersertifikasi dan bisa dikatakan sebagai guru ideal, sedangkan masih dibutuhkan 15 orang guru yang harus mengikuti sertifikasi keahlian sesuai dengan Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, ini menunjukkan bahwa jumlah kebutuhan guru ideal pada SMK Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di Provinsi Gorontalo masih kurang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023