Peneliti di TK Tahfiz Nur Furqan di Malaysia berupaya mempelajari bagaimana instruktur mereka, khususnya mereka yang bekerja sama, membantu pikiran siswa mereka yang berusia 4 tahun tumbuh dan berkembang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan untuk penelitian ini adalah lima pendidik yang bekerja dengan siswa berusia 4 tahun. Untuk mengumpulkan informasi, kami berkonsultasi dengan wawancara, catatan, dan pengamatan. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan adalah langkah-langkah model Milles dan Huberman yang digunakan dalam pendekatan analisis data penelitian ini. Guru-guru di TK Tahfiz Nur Furqan telah melakukan pekerjaan yang baik dengan menggunakan Pendekatan Kolaborasi Guru untuk membantu perkembangan kognitif siswa mereka yang berusia 4 tahun, menurut penelitian ini. Misalnya, anak-anak TK dapat belajar tentang ilmu pertanian kacang hijau, menggunakan pewarna kain untuk membuat batik, menghias kue, mencap bendera sesuai dengan warna bendera Malaysia, dan berlatih mengidentifikasi angka melalui permainan tujuh sepatu. Kegiatan di TK disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan setiap anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi di kelas, dibantu dengan aktivitas ilmiah yang menarik, dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 4 tahun.
Copyrights © 2025