Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial dan perilaku belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA N 1 Motoling. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan pelajar yang dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap proses belajar. Selain itu, perilaku belajar siswa juga menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan akademik mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto dan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian terdiri dari 84 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket tertutup dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pihak sekolah, guru, dan orang tua untuk lebih memperhatikan pola penggunaan media sosial serta mendorong perilaku belajar yang positif demi peningkatan prestasi akademik siswa.
Copyrights © 2025