Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model pembelajaran Project-Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi kelas X TJKT di SMK Negeri 3 Tondano. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar melalui kegiatan reflektif dan berkelanjutan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, yang disusun berdasarkan indikator materi crimping kabel LAN. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Project-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukan oleh peningkatan nilai rata-rata dari pre-test ke post-test. Selain itu, terdapat peningkatan keterampilan siswa dalam menyelesaikan proyek crimping kabel LAN. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project-Based Learning efektif digunakan dalam pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Oleh karena itu, model ini disarankan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan di SMK, khususnya dalam materi praktik Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
Copyrights © 2025