Urgensi kesadaran gender belum bisa mencakup paradigma masyarakat secara menyeluruh terkait peran laki-laki dan perempuan. Kesenjangan dan ketidakadilan peran antara laki-laki dan perempuan pernah terjadi di panggung sejarah. Bahkan hingga sekarang, kondisi ini masih dapat disaksikan di sekitar kita dimana dominasi ideologi patriarki yang masih begitu kuat berkembang di tengah masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah penafsiran terhadap teks-teks agama yang hanya dipahami secara teksual. Untuk itu pendidikan agama Islam sangat berperan penting dalam mengatasi adanya ketidakadilan gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengalisis konsep kesetaraan gender dalam Islam serta bagaimana relevansinya dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu memasukkan nilai-nilai kesetaraan gender dalam pendidikan agama Islam, baik formal maupun non formal.
Copyrights © 2025