Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi
Vol. 4 No. 2 (2025): Februari 2025

PENINGKATAN MUTU PELAYANAN INFORMASI OBAT MELALUI EVALUASI KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BAITUSSALAM, ACEH BESAR

Lidyawati (Unknown)
Nurjannah (Unknown)
Ahsani Taqwim (Unknown)
Rosa Mardiana (Unknown)
Verawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Pelayanan informasi obat (PIO) merupakan bagian penting dari pelayanan kefarmasian di puskesmas. Kegiatan ini sangat menentukan keberhasilan terapi dan keselamatan pasien. Program pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh tenaga kefarmasian di Puskesmas Baitussalam. Evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner terstruktur terhadap 33 pasien rawat jalan. Hasil menunjukkan bahwa 100% pasien merasa puas terhadap semua aspek pelayanan, mulai dari kebersihan lingkungan, kesopanan tenaga kefarmasian, hingga informasi cara penggunaan dan penyimpanan obat. Hasil ini menunjukkan bahwa Puskesmas Baitussalam telah menjalankan pelayanan PIO sesuai standar. Namun, peningkatan kapasitas tenaga kefarmasian melalui pelatihan berkelanjutan tetap direkomendasikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi merupakan jurnal yang merangkum hasil-hasil kegiatan pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi memiliki ISSN 2808-7909 (media online) sesuai SK Nomor 0005.28087909/K.4/SK.ISSN/2021.11. Tujuan dari Jurnal Mitra ...