JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 8, No 1: April 2025

Implementasi Problem-Based Learning dengan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Burengan 1 Kota Kediri

Nur, Zain (Unknown)
Aka, Kukuh Andri (Unknown)
Naharia, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Burengan 1 Kota Kediri melalui penerapan Problem-Based Learning dengan pendekatan berdiferensiasi yang didukung oleh media diorama dan lagu. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang melibatkan 26 siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan ketuntasan awal 34.62% rata-rata nilai 69.28 pada prasiklus, meningkat menjadi 53.85% rata-rata nilai 73.85 pada siklus I, dan akhirnya mencapai 92.31% rata-rata nilai 83.08 pada siklus II, melampaui indikator keberhasilan 85%. Kesimpulannya, penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan pendekatan berdiferensiasi serta penggunaan media diorama dan lagu terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa, serta dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...