Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Vol. 16 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha

Pemanfaatan ChatGPT sebagai Asisten Belajar Matematika: Tinjauan Kualitatif terhadap Pengalaman Siswa

ANWARI, AHMAD MUMTAZ (Unknown)
SOEBAGYO, JOKO (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Ekosistem pendidikan matematika telah sangat berubah dengan adanya dunia digital, yang dimana pendidikan harus bisa memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, apalagi dengan adanya teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT yang bisa menjawab berbagai macam pertanyaan terkait materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para siswa menggunakan ChatGPT dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap ChatGPT dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa SMK yang diizinkan oleh guru untuk menggunakan ChatGPT dalam proses belajarnya. Data penelitian diambil dari hasil wawancara dan teknik tematik bantuan aplikasi Ailyze. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ChatGPT memiliki banyak kegunaan dalam kegiatan akademik, proses pembelajaran dan support dari guru sebagai pendamping memiliki peranan penting, dan persepsi siswa terhadap ChatGPT juga memiliki persepsi yang positif. Integrasi teknologi AI berupa ChatGPT dalam pembelajaran matematika memerlukan kolaboratif dari banyak pihak sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa secara optimal.

Copyrights © 2025