Penelitian ini mengkaji pengaruh metode kuis dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X.1 MAN 1 OKU Timur. Hasilnya menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X.1 MAN 1 OKU Timur adalah 21,88%, kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Quizizz (X2) yang digunakan pada kelas X.1 MAN 1 OKU Timur memiliki katagori tinggi 15,63%, katagori sedang 68,74%, dan katagori rendah 15,63%. Hasil belajar siswa (Y) juga memiliki katagori tinggi 31,24%, katagori sedang 50,01%, dan katagori rendah 18,75%, sehingga nilai media kuis (X2) memiliki katagori sedang. Dengan menggunakan uji persial, hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar peserta didik (X1) memiliki nilai 3,241 dan variabel media kuis memiliki nilai 2,188 1,697, yang berarti 23,241 dan 2,188 lebih besar dari 1,697, dan jika dilihat dari tingkat batas signifikan 0 ,05 lebih besar dari 0,024 dan 0,012.Seperti yang ditunjukkan oleh keputusan pengambilan uji persial dalam analisis regresi berganda, dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar peserta didik (X1) dan variabel media kuis (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas X.1 MAN 1 OKU Timur. Hasil analisis di atas menunjukkan bahwa nilai masing-masing variabel adalah 4,057 dan 4,057 lebih besar dari 3,316, dan nilai masing-masing variabel adalah 4,057 dan 4,057 lebih.
Copyrights © 2025