cover
Contact Name
Abdul Rahman
Contact Email
moroadver@gmail.com
Phone
+6285367511021
Journal Mail Official
jurnal.inokom@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Ratu Penghulu Perum Griya Mutiara I RT/RW 007/007 Kel. Tanjung Baru Kec. Baturaja Timur, Kab. Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, 32113
Location
Kab. ogan komering ulu,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Inovasi Komputer
ISSN : 30897416     EISSN : 30897416     DOI : https://doi.org/10.71200/inokom
Core Subject : Science,
Jurnal Inokom mencakup berbagai topik dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, dengan fokus pada lima bidang utama: Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin: Meliputi algoritma pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, pengolahan bahasa alami, dan visi komputer. Keamanan Siber dan Privasi Data: Menyajikan riset terkini dalam keamanan jaringan, kriptografi, keamanan aplikasi, dan etika serta privasi data. Komputasi Awan dan Sistem Terdistribusi: Fokus pada pengembangan dan manajemen infrastruktur komputasi awan, sistem terdistribusi, dan computing scalable. Interaksi Manusia dan Komputer: Mengeksplorasi cara-cara baru dalam interaksi antara manusia dan teknologi, termasuk usability, pengalaman pengguna, dan teknologi adaptif. Pengembangan Software dan Metodologi Agile: Membahas tentang praktik terbaik dalam pengembangan software, termasuk penggunaan metode agile, DevOps, dan manajemen proyek TI. Jurnal Inokom berkomitmen untuk memastikan kualitas dan integritas ilmiah dengan proses peer-review yang ketat, menampilkan penelitian yang tidak hanya teoretis tetapi juga praktis, yang dapat diterapkan dalam solusi teknologi nyata.
Articles 15 Documents
Implementasi Metode Fuzzy Mamdani dalam Pengambilan Keputusan Rekomendasi Jumlah Produksi Karima, Iffa
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 1 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i1.26

Abstract

Ketidakpastian dalam permintaan pasar dan ketersediaan bahan baku menjadi tantangan utama bagi perusahaan dalam menentukan jumlah produksi yang optimal. Penelitian ini menerapkan metode logika fuzzy Mamdani untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih adaptif dan efisien. Dengan metode ini, berbagai faktor seperti tingkat permintaan dan persediaan diproses melalui beberapa tahapan, yaitu fuzzifikasi, penerapan aturan, komposisi aturan, dan defuzzifikasi. Proses tersebut menghasilkan estimasi jumlah produksi yang lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logika fuzzy Mamdani efektif dalam mengelola ketidakpastian data, meningkatkan efisiensi operasional, serta mengurangi risiko terjadinya kelebihan atau kekurangan stok. Pendekatan ini juga membantu perusahaan merespons dinamika pasar yang fluktuatif secara lebih strategis. Dengan memanfaatkan analisis berbasis fuzzy, perusahaan dapat mengoptimalkan sumber daya, menjaga keseimbangan antara produksi dan kebutuhan pasar, serta meningkatkan daya saing. Penelitian ini diharapkan menjadi solusi praktis bagi perusahaan dalam menghadapi tantangan pasar yang kompleks dan terus berubah.
Pengaruh Media Quizizz, Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X MAN 1 OKU Timur Safira, Liana; Afifah, Siti; Rohmah, Miftakhur
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 1 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i1.27

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode kuis dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X.1 MAN 1 OKU Timur. Hasilnya menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X.1 MAN 1 OKU Timur adalah 21,88%, kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Quizizz (X2) yang digunakan pada kelas X.1 MAN 1 OKU Timur memiliki katagori tinggi 15,63%, katagori sedang 68,74%, dan katagori rendah 15,63%. Hasil belajar siswa (Y) juga memiliki katagori tinggi 31,24%, katagori sedang 50,01%, dan katagori rendah 18,75%, sehingga nilai media kuis (X2) memiliki katagori sedang. Dengan menggunakan uji persial, hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar peserta didik (X1) memiliki nilai 3,241 dan variabel media kuis memiliki nilai 2,188 1,697, yang berarti 23,241 dan 2,188 lebih besar dari 1,697, dan jika dilihat dari tingkat batas signifikan 0 ,05 lebih besar dari 0,024 dan 0,012.Seperti yang ditunjukkan oleh keputusan pengambilan uji persial dalam analisis regresi berganda, dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar peserta didik (X1) dan variabel media kuis (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas X.1 MAN 1 OKU Timur. Hasil analisis di atas menunjukkan bahwa nilai masing-masing variabel adalah 4,057 dan 4,057 lebih besar dari 3,316, dan nilai masing-masing variabel adalah 4,057 dan 4,057 lebih.
Fuzzy Mamdani untuk Rekomendasi Produksi Beras Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan (Studi Kasus PT XYZ) Triwi Bowo, Handes; Rahman, Abdul
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 1 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i1.28

Abstract

Keuntungan maksimum diperoleh dari penjualan maksimum. Jika jumlah produk yang dihasilkan oleh perusahaan kurang dari permintaan, perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk mencapai keuntungan yang maksimal begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, merencanakan kuantitas produk di suatu perusahaan sangat penting untuk memenuhi permintaan pasar secara akurat dengan jumlah yang sesuai. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat menentukan jumlah produk termasuk tingkat penawaran dan permintaan. Penelitian ini membahas Metode Fuzzy dan penerapan Metode Fuzzy Mamdani untuk menentukan jumlah produksi beras berdasarkan data permintaan dan persediaan, sehingga membantu dalam proses pengambilan keputusan produksi berdasarkan tingkat penawaran dan permintaan. Fuzzy Logic dalam menentukan jumlah produksi beras berdasarkan penawaran dan permintaan telah dikembangkan untuk membantu perusahaan mengambil keputusan dengan tingkat akurasi hingga 98,41902%.
Implementasi Pembelajaran Kreatif Produktif Mahasiswa Berbasis Informasi Web Pada Mata Kuliah Riset Operasi Kurniawan, Daniel; Destiarini
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 1 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i1.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatih tingkat kreativitas dan produktivitas siswa yang kemudian diharapkan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research (CAR) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester genap (kelas A5.1) tahun akademik 2024/2025 berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian terhadap 31 mahasiswa pada siklus I, jumlah mahasiswa yang menyelesaikan sebanyak 30,50% dan 69,50% mahasiswa yang tidak menyelesaikannya. Pada siklus II, jumlah mahasiswa yang menyelesaikan sebanyak 46,00% dan 54,00% mahasiswa yang tidak menyelesaikannya. Pada siklus III, jumlah siswa yang menyelesaikan sebanyak 76,00% dan 24,00% siswa yang tidak menyelesaikannya. Ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dalam perlakuan Siklus II dan Siklus III, selain meningkatkan prestasi, penerapan media website mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas mahasiswa dalam perkuliahan riset operasional materi pemrograman linier.
Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Peluang Usaha Kelas XI Akuntansi Di SMKN 1 Belitang III Nurrohmah, Meizza; Afifah, Siti; Rohmah, Miftakhur
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 1 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i1.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media audio visual berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi peluang usaha kelas XI Akuntansi di SMKN 1 Belitang III. Media Pembelajaran didesain menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe dihasilkan video animasi berdurasi 3 menit 50 detik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Belitang III Kelas XI Akuntansi. Merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Belitang III, dengan sample peserta didik kelas XI Akuntansi 1 . Hasil penelitian ini adalah media audio visual berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi peluang usaha kelas XI Akuntansi di SMKN 1 Belitang III dengan presenase kelayakan dan kemenarikan (1) validasi ahli materi 91% dengan klasifikasi sangat layak, (2) validasi ahli media 90% dengan klasifikasi sangat layak, (3) validasi ahli praktisi 93,5% dengan klasifikasi sangat layak, (4) Uji Coba kelompok kecil 86,8% dengan klasifikasi sangat menarik, (5) Uji coba lapangan 90,64% dengan klasifikasi sangat menarik, (6) Hasil rata-rata minat belajar sebelum uji coba 80,21%, (7) hasil rata-rata setelah uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan yaitu 88,72%. Dari hasil uji coba terdapat peningkatan minat belajar sebesar 8,51%. Kesimpulan: media audio visual berbasis sparkol videoscribe sangat layak dan sangat menarik digunakan dalam peroses pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Fuzzy Logic dalam Keputusan Jumlah Produksi Berbasis Website Dengan Metode Mamdani Fadhillah Tauhid, Genta; Wangni, Wolidal Amali; Adinata, Rizky Dwi; Dinargo, Riyad; Muhammad Dwi Julian Saputra; Abdul Rahman
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 2 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i2.34

Abstract

Metode Mamdani adalah metode yang paling sering di jumpai ketika membahas metodologi-mtodologi fuzzy. Hal ini mungkin karna metode ini merupakan metode yang pertama kali dibangun dan berhasil di terapkan dalam rancang bangun system kontrol. Menggunakan teori himpunan fuzzy. Salah satu masalah utama yang dihadapi dalam banyak sistem konvensional adalah kesulitan dalam menangani informasi yang bersifat ambigu, tidak pasti, atau tidak terstruktur dengan jelas. Sistem yang bergantung pada logika konvensional seringkali tidak mampu memberikan solusi yang optimal dalam situasi yang kompleks atau berubah-ubah. Masalah ini lebih jelas terlihat dalam bidang kontrol otomatis, sistem pendukung keputusan, dan pengolahan data, di mana nilai-nilai input tidak selalu dapat dinyatakan secara numerik atau pasti. Dalam konteks ini, logika fuzzy Mamdani menawarkan solusi dengan memungkinkan representasi nilai input dan output dalam bentuk fuzzy set serta inferensi berbasis aturan "if-then" yang mengakomodasi ketidakpastian tersebut. Untuk mengatasi masalah ketidak pastian dan ketidakjelasan dalam pengambilan keputusan. Metode ini mengadopsi konsep fuzzy set yang memungkinkan representasi informasi dalam bentuk linguistik dan memprosesnya melalui aturan inferensi berbasis "if-then". Dalam menghadapi masalah ketidakpastian, logika fuzzy Mamdani mengkonversi input yang tidak pasti atau ambigu menjadi output yang lebih jelas dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan kinerja sistem dalam kondisi yang tidak terdefinisi dengan jelas atau memiliki data yang ambigu. Pada berbagai aplikasi, seperti sistem kontrol otomatis (misalnya kontrol suhu, kecepatan motor), diagnosa medis, dan sistem rekomendasi, penerapan logika fuzzy Mamdani dapat menghasilkan keputusan yang lebih akurat dan adaptif meskipun data yang tersedia bersifat imprecise atau tidak pasti.
Implementasi Fuzzy Metode Sugeno untuk Penentuan Tingkat Kepuasan Pelanggan Yunita, Yunita; Diajeng Putri Sekar Mayasari; Rahman, Abdul
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 2 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i2.36

Abstract

Penentuan tingkat kepuasan pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam mengevaluasi kualitas layanan dan produk suatu perusahaan. Dalam penelitian ini, dikembangkan sebuah sistem berbasis logika fuzzy menggunakan metode Sugeno untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan. Metode Sugeno dipilih karena kemampuannya menghasilkan keluaran numerik yang lebih presisi, sehingga memudahkan pengambilan keputusan berbasis data. Parameter masukan yang digunakan meliputi kualitas produk, harga, dan layanan pelanggan, yang masing-masing diformulasikan ke dalam fungsi keanggotaan fuzzy. Sistem ini dibangun dengan menggunakan aturan fuzzy IF-THEN, di mana keluaran berupa nilai kepuasan dalam rentang 0–100. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu menghasilkan evaluasi tingkat kepuasan pelanggan secara akurat dan konsisten, sesuai dengan data survei manual. Dengan implementasi ini, perusahaan dapat lebih mudah memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan strategi bisnis mereka.
Penerapan Metode Fuzzy Pada Mesin Cuci Dan Menentukan Lama Waktu Pencucian Amanda, Fasyaria; Friska Suryani Marpaung; Rahman, Abdul
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 2 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i2.37

Abstract

Dalam mesin cuci, pencucian adalah tugas manual yang dilakukan dengan mesin cuci, dengan timer yang diatur untuk setiap tugas. Namun, ini tidak sederhana untuk diatur karena terlihat cukup fleksibel. Sebaliknya, sebagian besar orang lalai tentang jenis dan kualitas pakaian, jenis kotoran, jumlah kotoran, dll., yang semuanya memerlukan durasi yang berbeda untuk mencuci. Pakaian akan dicuci dengan sempurna jika semua bagian siklus diatur dengan tepat, tetapi jika tidak, pakaian dicuci dengan malas - atau tidak sama sekali. Dan juga, jika diatur untuk mencuci selama siklus yang berlebihan, maka banyak energi dan waktu akan terbuang. Untuk menangani masalah sistem otomatis, yang memerlukan sedikit usaha manusia dalam mengatur timer, Logika Fuzzy diterapkan saat mengembangkan prototipe sistem. Jadi dalam hal ini, tangan pakaian yang akan dicuci dan pakaian yang dikenakan selama eksperimen berfungsi sebagai data sumber untuk studi ini. Studi ini menghasilkan waktu rata-rata yang diambil untuk mencuci jenis dan jenis kain dengan bantuan mesin cuci yang diperoleh dengan menggunakan teknik Sugeno dari sembilan Rule proposisi fuzzy dalam definisi uji.
Rancang Bangun Web Desa Dengan Framework Laravel Praja putra, Raflie Yahya; Rahman, Abdul
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 2 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i2.73

Abstract

Laravel adalah framework PHP yang berguna dan kita dapat membuat aplikasi web dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Laravel menggunakan pola desain MVC (model–view–controller) yang populer dan berbasis pada sistem Symfony. Laravel menggunakan sistem paket modular, oleh karena itu kita dapat memperluas aplikasi kita dengan modul-modul baru. Laravel menggunakan kembali beberapa komponen framework lain yang sudah ada, yang membantu menciptakan aplikasi yang aman dan dapat dioperasikan dengan cepat. Beberapa fitur dan kelebihannya: mendukung akses ke berbagai basis data; menyediakan utilitas yang membantu dalam pengembangan aplikasi web; mesin routing yang sederhana dan cepat; aplikasi web menjadi lebih terukur; menghemat banyak waktu dalam mendesain. Laravel adalah perangkat lunak sumber terbuka, dilisensikan oleh MIT.
Optimalisasi Website Pemerintahan Desa Menggunakan Laravel dan MySQL Apriani, Silvia; Daniel Kurniawan; Abdul Rahman
Jurnal Inovasi Komputer Vol 1 No 2 (2025): Jurnal Inovasi Komputer (INOKOM)
Publisher : Rumah Jurnal PT Citra Air Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71200/inokom.v1i2.76

Abstract

Pembangunan desa berbasis teknologi informasi kini menjadi bagian integral dalam peningkatan pelayanan publik dan transparansi informasi kepada masyarakat. Namun, banyak aparatur desa yang belum sepenuhnya memahami pemanfaatan teknologi informasi secara optimal. Oleh karena itu, dilakukan perancangan dan implementasi sistem informasi desa berbasis website menggunakan framework Laravel dan database MySQL. Metode yang digunakan adalah model pengembangan perangkat lunak Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website sistem informasi desa yang memiliki fitur login, registrasi, dashboard, serta pengelolaan data penduduk yang hanya dapat diakses oleh admin. Website ini memberikan kemudahan bagi aparatur desa dalam mengelola data dan menyampaikan informasi kepada masyarakat secara efisien dan terstruktur. Penerapan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi administrasi desa serta menjadi solusi digital untuk mendukung tata kelola desa yang lebih baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 15