Sintek Kuwera
Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi (SINTEK)

Pengembangan Dan Pembuatan Game “Rolling Fruit” Menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC)

Rizka Nurul Septiani Hakim (Unknown)
Karina Irna Della (Unknown)
Anggelina Kismasari (Unknown)
Nisa Amalia (Unknown)
Jasmine Sarah Maqnolia (Unknown)
Dodik Arwin Dermawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Perkembangan permainan atau game online dianggap sebagai perkembangan teknologi modern yang memiliki dampak positif maupun negatif. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini mengalami penurunan akibat kurangnya marketing danbranding oleh pelaku usaha sehingga membuat produk UMKM kurang dikenal masyarakat dan sepi peminat. Untuk menumbuhkan rasa cinta produk UMKM, dibutuhkan strategi marketing yang interaktif dan menarik. Game “Rolling Fruit” memberikan pengenalan terhadap masyarakat tentang produkUMKM buah-buahan lokal sebagai objek utama dengan model game berbasis desktop. Untuk mengembangkan game pada penelitian ini menerapkan metode pengembangan sistem Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC terdiri dari enam tahap yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Pada game ini terdiri dari beberapa level tingkat kesulitan. Hal ini bertujuan agar game lebih menarik dan menantang, sehingga tujuan game mengenalkan dan menumbuhkan cinta produk UMKM buah lokal terhadap masyarakat dapat tercapai. Hasil penelitian menyimpulkan game “Rolling Fruit” termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Domain Specific Frameworks and Applications IT Management dan IT Governance e-Government e-Healthcare, e-Learning, e-Manufacturing, e-Commerce ERP dan Supply Chain Management Enterprise Arsitektur Knowledge Managemen Smart Systems Smart City Smart Cloud Technology Smart Sensor Networks Smart ...