Sintek Kuwera
Vol 5 No 2 (2025): Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi (SINTEK)

Pengembangan Aplikasi Pengenalan Game Tentang Huruf Hijaiyah Menggunakan Construct 2 Pada TK Al-Bab Foundation Didesa Sidayu

Taufik Hidayat, Fahrijal (Unknown)
Halim, Abdul (Unknown)
Rohman, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi game edukasi berbasis Construct 2 yang akan memberi tahu anak-anak usia dini di TK Al-Bab Foundation di Desa Sidayu tentang huruf Hijaiyah. Fokus dan pemahaman anak-anak tentang bentuk dan pelafalan huruf Hijaiyah rendah, yang diperburuk oleh dominasi media digital non-edukatif. Pendekatan menggunakan metode Modified Language Development Cycle (MLDC) digunakan dalam tahapan pengembangan penelitian untuk mengeksplorasi pengalaman belajar pengguna. Aplikasi dikembangkan dengan fitur interaktif berupa animasi, suara, dan kuis berbasis HTML5. Hasil uji coba menunjukkan bahwa lebih dari 82% guru dan wali murid menyatakan aplikasi ini efektif sebagai media bantu belajar. Aplikasi terbukti meningkatkan keterlibatan anak-anak usia 4–6 tahun dalam proses pembelajaran, dengan UI yang menarik dan mudah dipahami. Dengan demikian, aplikasi ini berpotensi menjadi solusi inovatif dalam mendukung pendidikan agama sejak dini secara menyenangkan dan berbasis teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Domain Specific Frameworks and Applications IT Management dan IT Governance e-Government e-Healthcare, e-Learning, e-Manufacturing, e-Commerce ERP dan Supply Chain Management Enterprise Arsitektur Knowledge Managemen Smart Systems Smart City Smart Cloud Technology Smart Sensor Networks Smart ...