Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kembangkuning, Kabupaten Magelang, memiliki peran penting dalam perekonomian lokal, namun menghadapi tantangan dalam pemasaran produk, terutama terkait harga dan ketergantungan pada tengkulak. Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran digital UMKM melalui program kerja “Promosi dan Pemasaran Produk UMKM” yang diselenggarakan oleh Tim project MBKM Universitas Tidar. Metode pengabdian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil program kerja menunjukkan peningkatan pengetahuan pelaku UMKM tentang digital marketing dari 20% sebelum seminar menjadi 100% setelahnya. Dengan memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce, pelaku UMKM dapat memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan. Program ini menunjukkan bahwa edukasi pemasaran digital sangat penting dalam meningkatkan daya saing produk UMKM, terutama dalam memanfaatkan potensi produk anyaman bambu yang ada.
Copyrights © 2025