Indonesian Journal of Applied Geography


ANAK PUTUS SEKOLAH DAN UPAYA PENANGGULANGANYA : STUDI KASUS DI DESA MUNDAN KECAMATAN MASALLE KABUPATEN ENREKANG

Wahyuni, Sri (Unknown)
Rusdi, Rusdi (Unknown)
Hasni, Hasni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1)Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi anak putus sekolah di desa Mudan Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang, 2) Strategi penanggulangan yang dilakukan untuk mengatasi anak putus sekolah di desa Mudan Kecamatan Masalle, dan 3) Upaya penanggulangan yang dilakukan untuk mengatasi putus sekolah di desa Mudan Kecamatan Masalle. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisi dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi anak putus sekolah di desa Mundan Kecamatan Msalle Kabupaten Enrekang. Dapat dilihat dari indikator sebagai berikut: a) faktor ekonomi, b) faktor perhatian orang tua, c) fasilitas pembelajaran, d) minat anak untuk sekolah, e) budaya, f) faktor lokasi sekolah. 2) Strategi penanggulangan yang dilakukan untuk mengatasi anak putus sekolah di desa Mudan Kecamatan Masalle, dapat dilihat dari indikator sebagai berikut: a) pemerataan akses pendidikan, b) memfasilitasi perluasan akses, c) pengembangan pelatihan kecakapan hidup. 3) Upaya penanggulangan yang dilakukan untuk mengatasi putus sekolah di desa Mudan Kecamatan Masalle. Dapat di lihat dari indikator sebagai berikut: a) menjalin komunikasi, b) membangun komunitas pendidikan, c) meningkatkan kualitas guru, d) memberikan beasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanggulangan anak putus sekolah yang diterapkan di SMPN 7 Alla sudah cukup efektif dalam menjangkau anak-anak yang berisiko putus sekolah. Hal ini terlihat dari meningkatnya partisipasi masyarakat dalam mendukung keberlangsungan pendidikan, adanya program bantuan pendidikan, serta keterlibatan berbagai pihak dalam membangun lingkungan sekolah yang inklusif. Meski demikian, keberhasilan strategi ini memerlukan dukungan berkelanjutan dari semua pihak agar hasilnya dapat optimal dan berdampak jangka panjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Astronomy Earth & Planetary Sciences Energy Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Aplied Geography (E-ISSN: 3025-6070) is a peer-reviewed journal published by Social Science Education program, Faculty of Social Science and Law, Universitas Negeri Makassar. IJAG provides open access to the principle that research published in this journal is freely available ...